Bandung Mendapat Sebuah Kado Dari Ridwan Kamil
Dengan dilantiknya pengurus BP2KB [ Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung ] periode 2016 – 2020 di Bumi Sangkurang Bandung oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil yang memberikan sebuah kado bagi masyarakat Kota Bandung dalam rangka membangun kota Bandung sebagai Kota Wisata
Pengurus BP2KB yang dilantik merupakan dari unnsur Penentu Kebijakan sesuai dengan undang – undang pariwisata No 10 tahun 2009 yang terdiri dari : a. wakil asosiasi kepariwisataan 4 (empat) orang, b. wakil asosiasi profesi 2 (dua) orang, c. wakil asosiasi penerbangan 1(satu) orang, d. pakar/akademisi 2 (dua) orang. sedangkan mengenai tata kerja dan persyaratan dan pengangkatan untuk daerah ditentukan dengan surat peraturan Gubernur, Bupati atau Walikota 1). Sebagaimana dalam pasal 41 Badan Promosi Pariwisata Nasional dan Peraturan Daerah Tentang Pariwisata serta Peraturan Walikota Bandung dalam tugas pokoknya adalah ; a. meningkatkan citra kepariwisataan Indonesia, b. meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan penerimaan devisa, c. meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan pembelanjaan, d. menggalang pendanaan dari sumber selain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, e. melakukan riset dalam rangka pengembangan usaha dan bisnis pariwisata. 2). Badan Promosi Pariwisata mempunyai tugas sebagai: a. koordinator promosi pariwisata yang dilakukan dunia usaha di pusat dan di daerah, b. mitra kerja Pemerintah dan Pemerintah Daerah.
Adapun susunan pengurus Kebijakan bertempat di Bumi Sangkurian Bandung telah dilantik sebagai Ketua : Budijanto Ardansyah, Wakil Ketua M Liga Suryadan, Sekretaris Doddy H Widodo, dan anggota terdiri dari Yudianto, Dede Koswara, Nelson N Darenoh, Toni Iswanto Trinida, Taufik Hidayat dan Yudi Wahyudi.
Pembangunan Kota Bandung Menunjang Pariwisata
Dalam Sambutan Walikota disampaikan program Walikota membangun Kota Bandung yang secara terus menerus mempercantik Kota Bandung, termasuk mengembalikan budaya Jalan Kaki, dan kini Aki-Aki dan Ninik-Ninik sudah dapat nongkrong di Alun-Alun kalau dulu ninik dan akik selalu dipelak di rumah. Dulu kalau kita tanya kepada anak-anak muda pernah berkumpul di alun tentu pemandangan tersebut tidak pernah kita lihat, kini setiap hari pemandangan dan kreative anak muda dapat ditemukan di alun-alun Kota Bandung dengan kreativitasnya anak-anak muda ber-selfi dan segala bentuk uniform hantu kreasi anak-anak muda Bandung dapat ditemukan disana.
Seiring Pembangunan Kota Bandung Walikota secara terus menerus memperbaiki system kota dan juga akan membangun wisata kuliner malam di berbagai daerah sebagai bagian dari kegiatan wisata : di kawasan; Mulai dari Cicadas, Cibadak dibangun China Town, Otista juga ditata sehingga dapat diadakan lesehan dengan berbagai macam kuliner seperti di Malioboro Yogyakarta, sedangkan di Jalan Sudirman akan dibangun kawasan seperti daerah Orchard Road di Singapore – beliau juga mengajak para hadirin dapat melakukan investasi berbagai usaha kuliner dan bentuk kegiatan produk wisata lainnya dikawasan tersebut
Manfaatkan Media Sosial
Diharapkan BP2KB dapat mempergunakan media sosial guna mempromosi potensi wisata Kota Bandung seperti Instagram dan Walikota meminta dapat dilakukan join promotion dengan Kabupaten sekitar Kota Bandung Walikota telah melakukan MoU dengan para Kabupaten. diminta agar BP2KB dapat menyusun target market yang akan dilakukan sehingga program yang dilakukan dapat terukur. dalam menutup sambutannya Walikota meminta agar Pengurus dapat secepatnya paling lambat 2 minggu telah dapat menyampaikan programnya yang kemudian dipresentasikan kepada Walikota Bandung. Acara diakhiri dengan acara santap malam dan rama-tama oleh seluruh peserta undangan