Ketua Umum DPP HIPAKAD dan Pangdam Siliwangi Hadir Acara Pelantikan Ketua DPD HIPAKAD Jawa Barat

Barlie Iskandar Dilantik sebagai Ketua DPD HIPAKAD

HIPAKAD Jawa Barat terbentuk dengan dilantiknya Barlie Iskandar pada tanggal 02 Mei 2018 dihadiri Pangdam Siliwingi diwakili oleh Staff Akhli Kolonel Asep dan seluruh anggota HIPAKAD, Pengurus Pusat Ketua Umum HIPAKAD Hariara Tambunan, Polda Jabar serta para sesepuh TNI Angkatan Darat, LVRI Jawa Barat hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum DPP HIPAKAD bertempat di Hotel Horison Bandung.

Acara Meriah yang dikemas dengan sangat apik dalam prosesi pelantikan HIPAKAD Jawa Barat dengan diawali atraksi pencasilat sebagai acara sambutan / pembukaan, selamat datang bagi barisan sesepu / para orang tua HIPAD diarak masuk ke dalam ruangan dan kemudian dilanjutkan dengan Lagu Indonesia Raya dan Mars HIPAKAD. Prosesi Pelantikan kemudian dimulai dengan menyerakan bendera HIPAKAD dan pemasangan lencana HIPAKAD oleh Ketua Umum DPP HIPAKAD kepada Ketua DPD HIPAKAD Barlie Iskandar

Dalam sambutan Ketua DPD HIPAKAD Jawa Barat memaparkan program kerja yang akan diembannya untuk periode 2018 – 2023 yaitu mampu menjaga nama HIPKAD serta melaksanakan program pusat DPP HIPAKAD / nasional Menuju Anak Kolong Sejahtera  serta melanjutkan cita-cita orang tua mereka menjaga persatuan NKRI, turut mengamankan Pilkada di Jawa Barat, dan akan turut peran serta dalam program Pangdam Siliwangi yaitu menjaga Sungai Citarum Bersih.  HIPAKAD Jawa Barat akan menjalankan organisasi dengan menjunjung tinggki sebagaimana mana 8 wajib TNI terhadap masyarakat diaantaranya HIPAKAD tidak akan menakut – nakuti masyarakat dan akan tempil harmonies dan tampil sopan santun ditengah-tengah masyarakat dan senantiasa bekarjasama dengan masyarakat menjaga keamanan dan membangun sejarahtera. HIPAKAD 1 Jiwa 1 Komando

Bersamaan dengan acara pelantikan dilakukan juga MoU dengan ETSDC sebuah lembaga Masyarakat yang di kenal sebagai institusi Non Government Organization yang mempunyai kepedulian di bidang Lingkingkungan dan Pariwisata serta Pengembangan Sosial. Kerjasama tersebut diusahakan mampu mempercepat program kerja HIPAKAD agar terwujud dengan melalui suatu institusi profesional di bidangnya serta melalui kajian-kajian ilmiah yang akan dilakukan antara HIPAKAD dengan ETSDC.

Dalam sambutan Ketua  Umum DPP HIPAKAD mengharapkan HIPAKAD Jawa Barat mampu memberikan warna dan memperjuangkan serta turut menjalankan program DPP HIPAKAD di daerah Jawa Barat dan menyampaikan pesan kepada para anggota dapat mendukung dan melaksanakan program HIPAKAD dengan sebaik-baiknya. Kesempatan yang sama Penasehat HIPAKAD Jend [ Purn ] Hidayat Poernomo menyampaikan bahwa sebenarnya HIPAKAD memiliki induk yaitu Angkatan Darat dan HIPAKAD perlu mengikuti kehidupan Roh nya Angkatan Darat dan mengajak HIPAKAD mari kita buktikan, dalam situasi sekarang HIPAKAD tak perlu segan-segan menanyakan ke Induknya, dan jangan sungkan – sungkan karena Angkatan Darat adalah orang tua atau induk untuk HIPAKAD bertanya, demikian sambutan dalam acara pelantikan dan sekaligus mengingatkan HIPAKAD.

HIPAKAD ANAK KOLONG

Dengan program yang akan dilaksanakan oleh DPD HIPAKAD Jawa Barat mengangkat Tema DPP yang akan diwujudkan oleh DPD HIPAKAD Jawa Barat yaitu : Mensejahterakan Anak Kolong  ini tentu menarik untuk kita coba mencari tahu kenapa DPD HIPAKAD mengangkat tema ini dalam program HIPAKAD Periode 2018 – 2023 dan dari mana asal muasal kata Anak Kolong bagi anak anak angkatan bersenjata [ anak TNI ]. Begitu dengar kata Anak Kolong pasti berfikir bahwa anak – anaknya adalah anak yang maco kata anak sekarang, dan di kenal sebagai anak yang berani – berani serta heroic seperti orang tuanya. Ternyata kata Anak Kolong memiliki kisah yang sangat panjang dan mereka adalah anak2 yang harus menghadapi tantangan dengan suasana yang sangat memprihatinkan pada zamannya seperti juga orang tua mereka. Kisah Anak Kolong ini perlu kita temukan dan dicari asal usul kata Anak Kalong, dan akhirnya beberapa hari yang lalu sempat bertemu dengan seorang Mayjen TNI Witjaksono, M.Sc yang kini duduk sebagai Rektor UNJANI – Cimahi Bandung. Sambil ngobrol santai dengan secangkir kopi akhirnya sampai kisah tentang Anak Kolong. Dengan awal mula disampaikan bahwa kini di Jawa Barat telah Berdiri dan baru saja di lantik DPD HIPAKAD Jawa Barat, pada tanggal 2 Mei 2018 yang lalu, dan mengangkat tema dan program DPP HIPAKAD, DPD Jawa Barat yaitu ” Menuju Anak Kolong Sejahtera ” dari sanalah awal mula cerita kisa Anak Kolong yang dikisahkan, dimana awal mula julukan Anak Kolong.

Sepengalamnya bahwa sesungguhnya Anak Kolong memang adalah sebenarnya, dimana dahulu rumah – rumah TNI bangunannya berupa sebuah rumah barak yang berkolang, dimana kolong tersebut disekat dengan terpal coklat dan disitulah para prajurit juga tinggal dengan anak-anaknya. Sebagaimana anak-anak dengan kejenakaannya tinggal dirumah kolong, maka anak – anak tersebut bermain dan tidur disana dan suka menyeberang / mengolong dari suatu ruang kebagian ruang lain yang hanya disekat dengan terpal menyeberang kesebelahnya, berlari – lari dan bermain dibawa rumah kolong itu, dan kadang-kadang berkelahi antar anak – anak seperti pada anak – anak pada umumnya bila terjadi ketidak sesuaian antar mereka, tapi sebentar kemudian mereka kembali berlari – lari dan barmain kembali di rumah kolong itu, dari situlah akhirnya dikenal anak – anak prajurid dijuluki atau dikenal sebagai anak kolong yang tahan menghadapi berbagai tantangan baik suka dan duka sebagai anak kolong tahan menghadapi segala tantangan dan kemudian jiwa anak terbangun sebagi anak kolong yang se nasib dan sependeritaan dan akhirnya terbangun jiwa sebagai the little brotherhood  hero warrior sehingga memang pantas tema ” Menuju Anak Kolong Sejahtera ”  untuk dikenang dan diperjuangkan. HIDUP HIPAKAD.

Share with:

FacebookTwitterGoogleTumblrStumbleUponLinkedInPinterestDigg


Categories

About the Author:

Teamwork makes the dream work, but a vision becomes a nightmare when the leader has a big dream and a bad team.

Leave a Reply