Balikpapan Borneo Travel Fair 2016 dibuka Resmi Oleh Wakil Gubernur

FEITURE BACK DROP

discoverindonesia.or.id : Balikpapan is the ultimate destination for our elegant  lifestyle,  Kalimantan dengan berbagai potensi baik alam, budaya kembali di tahun ke 2 Travel Mart ini mampu mendatangkan buyer dari berbagai manca negara seperti China, Australia, Malaysia, Singapore, India yang esok hari tanggal 20 akan memulai melakukan transaksi dan business meeting antar para pelaku wisata. pada malam ini diadakan welcome dinner yang diselenggarakan di hotel yang mewah dan buka resmi oleh Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal.  yang tahun lalu acara pembukaan bertempat dirumah tinggal walikota Balikpapan.

Pembukaan Balikpapan Travel Fair 2016  dihadiri dari Kementrian Pariwisata RI yang diwakili oleh Deputi Pengembangan Pasar Pariwisata, Walikota Balikpapan, Ketua DPD ASITA serta peserta buyer dalam negeri yang tidak kurang dari 90 potensi potensi Buyer yang ditangkan oleh panitia penyelenggara.

Acara diawali dengan menampilkan beberapa tarian khas dari Borneo yang dilanjutkan dengan santap malam, acara pambukaan diawali dengan sambutan dari Ketua Penyelenggara Joko Purwanto event Balikpapan Borneo Travel Mart 2016, disampaikan bahwa acara ini dapat terselenggara atas bantuan dari berbagai pihak terutama dengan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwista Balikpapan serta dukungan dari para Assosiasi seperti ASITA – PHRI dan tourism stakeholder pariwisata yang terdapat di Balikpapan.

pidato

Bahwa pemerintah daerah mampu membangun sinergitas agar pariwista Kalimantan Timur khususnya Balipapan dapat lebih maju lagi, mengingat berbagai potensi alam dan budaya yang hanya terdapat di Kalimantan seperti  Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan satu-satunya yang terdapat didekat kota, kesemuanya ini tentu menjadi potensi pariwisata yang tak ternilai besarnya yang mampu mengangkat ekonomi tidak saja di Balikpapan tapi bagi Kalimantan Timur, dihimbau agar Walikota Balikpapan dapat menata tempat Pasar Sayur environment dapat ditingkatkan sehingga ketika wisatawan datang kesana akan terasa nyaman

Joko Purwanto juga menghimbau agar Wakil Gubernur dapat menghimbau agar seluruh Dinas Pariwista di Kalimantan Timur ini dapat melakukan kerjasama bersama termasuk dengan para pelaku pariwista agar terbagun sinergitas pariwisata bagi Kalimantan Timur.

Balikpapan Borneo Travel Mart 2016 adalah yang merupakan kegiatan B2B business yang diselenggarakan ke dua kalinya mengambil tempat di Balikpapan dan telah mampu mendatangkan buyer dari  daratan Tiongkok sebanyak 20 Buyer, India, Malysia, Singapora dan Australia selain pelaku biro perjalawan wisata dari nasional yang datang dari seluruh nusantara.

Trend ekonomi ke depan, tambang tidak akan terus menjadi penopang perekonomian. Diperkirakan tahun 2019 devisa negara dari sektor tambang juga sawit akan menurun. Sebaliknya, sektor wisata justru akan terus naik demikian disela-sela pembicaraan dengan Joko Purwanto.

Ketua ASITA Asnawi Bahar menyampaikan bahwa Borneo Travel Mart 2016 ini merupakan travel exching yang sangat luar biasa karena mampu mendatangkan buyer dari berbagai manca negara, hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk mendatangkan para buyer, tentu membutuhkan suatu effort yang beserta dan hubungan baik yang telah ditunjukan oleh rekan-rekan pelaku usaha pariwista kota Balikpapan,  Pariwisata dimasa yang akan datang tentu mampu berperan besar untuk Balikpapan disampaikan bila prediksi wisatawan dalam negeri saja yang sebesar 250 juta orang yang melakukan perjalan dan 1 % saja yang berkunjung ke Balikpapan yang berarti sebesar 2.5 juta yang mampu diserap dan bila expenditureya 1 juta beta besarnya pendapatan dari sektor pariwisata sebagai sumbangsih bagi pendapatan daerah.

Sambutan singkat yang disampaikan oleh walikota Balikpapan H.M. Rizal Effendi., bahwa pada dasarnya pemerintah Balikpapan bersungguh-sungguh mendukung sektor pariwisata dan menyampaikan bahwa trend dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan baik nusantara dan mancara menunjukan trend yang terus meningkat.  dan tentu Balikpapan Travel Mart  ini perlu ditingkatkan kegiatan dari tahun ke tahun, pemerintah daerah merasa sangat berterima kasih kepada seluruh pelaku pariwisata yang telah mampu menyelenggarakan event yang sebesar ini.

Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal menyampaikan peran pariwisata di Propinsi Kalimantan Timur harus terus tetap terus ditingkatkan, dan pemerintah tentu memberikan perhatian terhadap sektor yang satu ini, setelah menyampaikan sambutannya, dilanjutkan pemukulan gong yang disaksikan oleh Walikota Balikpapan, Panitia Penyelenggara, Ketua DPP ASITA serta Deputi Pengembangan Pariwisata dari Kementrian Pariwisata RI yang khusus datang di Borneo Travel Fair 2016.

acara penutupan yang kemudian diadakan tanda tangan kerjasama Pemerintah Daerah Kota Balikpapan dan Angkasa Pura.

Acara Balikpapan Travel Fair akan diselenggarakan selama 3 hari yang diselanggarakan dari tanggal 20 s/d 23 dengan serangkaian kegiatan diantaranya dimulai dengan welcome dinner, dan keesokan hari peserta akan melakukan dealing business B2B dan kemudian seluruh buyer akan diajak mengunjungi berbagai potensi pariwisata yang terdapat disekeliling kota Balikpapan.

Share with:

FacebookTwitterGoogleTumblrStumbleUponLinkedInPinterestDigg


Categories

About the Author:

Teamwork makes the dream work, but a vision becomes a nightmare when the leader has a big dream and a bad team.

Leave a Reply