Seniman, Budayawan, Ilmuwan, Rohaniwan Menyaksikan Gerhana Matahari di Belitung

MENYAKSIKAN-GERHANA-MENPAR

Event Spectakuler Gerhana Matahari baru saja berlalu; Batalnya President RI Jokowi tidak menyurutkan animo pengunjung dan wisatawan datang mengunjungi ke Belitung untuk menyaksikan moment Gerhana Matahari, karena pengunjung dari luar Belitung / wisatawan manca negara dan local mengetahui Belitung memiliki pantai nan indah peserta akan mendapatkan moment gerhana yang tak dapat dilupakan.

Acara Gerhana Matahari sudah sejak sore tanggal 8 Maret 2016 yang mengambil tempat di pantai Tanjung Kelayang, dengan diawali pameran usaha mikro, menengah dan makro menampilkan berbagai kerajinan dan stand penerangan tentang Gerhana Matahari oleh BMKG, dan tidak luput Telkomsel juga mengambil peran cukup penting dimomen ini, 4G Telkomsel turut mendukung sehingga seluruh pengunjung dapat mengases dengan mempergunakan sarana internet dimasing handphone maupun gejet menyampaikan moment Gerhana Matahari secara langsung kesanak keluarga, teman yang tidak dapat hadir di moment yang langka ini. 4G Telkomsel kini dapat dipergunakan di lokasi Tanjung Kelayang dan bahkan hampir seluruh wilayah Tanjung Pandan – Belitung.

PUBLISH-BUKUDi sela-sela sebelum kegiatan Gerhana Matahari diadakan pameran micro, small and medium enterprise demikian tema pameran yang diselenggarakan, berkesempatan bertemu seorang putri kreative bernama Novianti seorang sarjana design communication Visual kelahiran Belitung meluncurkan buku Belitong Nature of Paradise disela-sela kesibukannya di pamaran dan sempat berbincang-bincang melihat hasil karya buku dan design panduan wisata yang disusunnya, di dalam bukunya tertuang petunjuk tentang seluruh wahana wisata Belitung seperti kuliner, fashion pantai, yang disampaikan melalui ilustrasi gambar

Gerhana Matahari di Pantai Tanjung Kelayang resmi dibuka pada malam sebelum tanggal 9 Maret 2016 oleh Gubernur BaBel Rustam Effendi yang diawali dengan sambutan oleh Bupati Belitung Sani Saleh di malam yang cerah, berbagai kesenian tarian kolosal dengan 100 orang penari sampai musik rege mengisi acara malam pembukaan Gerhana Matahari. sebagain pengunjung mempersiapkan dan mencari posisi terbaik untuk mengabadikan moment Gerhana Matahari. Ada 12 titik di pulau Belitung mulai dari Pantai dan puncak bukit merupakan titik-titik favorit perburuan gerhana pengamatan: tujuh di Kabupaten Belitung, lima di Kabupaten Belitung Timur.

Phenomena Gerhana Matahari total di Belitung Timur dapat diamati di daerah Damar, Maggar, Kelapakampit dan beberapa tempat lainya seperti; Samak, Oli Pier, Pantai Tambak, Pulau Buku Limau dan Pantai Sengaren. kegiatan Gerhana Matahari di Belitung Timur dipusatkan rumah kediaman Bupati yang berada di Samak

Detik – Detik Menjelang Gerhana Matahari

SUASANA-SHOLATKeesokan pagi masyarakat Belitung dan wisatawan sejak dinihari berbondong-bondong menuju ke pantai Tanung Kelayang guna menyaksikan phenomena Gerhana Matahari, kegiatan Gerhana Matahari diawali dengan sholat Gerhana bersama, dihadiri ribuan umat serta Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Gubernur Babal Rustam Effendi, Bupati Belitung Sani Saleh serta seluruh muspida Babel melakukan sholat Gerhana Matahari bersama tentu moment ini semuanya tidak ingin melawati karena menurut beberapa akhli kejadian ini baru akan dijumpai sekitar 350 tahun mendatang.

PHOTO-FIRDA_2Suasana detik – detik Gerhana Matahari pada pukul 07:20 permukaan Gerhana dengan ketinggian matahari sekitar 5 derajat mulai tampak jelas Gerhana Matahari dan langit sekitar Pantai Tanjung Kelayang mulai berangsur-angsur meredup, dan tak lama langit pun gelap. korona berwarna putih disekeliling matahari menyembul keluar disekelilingnya tertebar bintang-bintang dilangit telihat, warna alam saat itu sulit untuk dilukiskan bagitu indah dan mempesona suasana ketika itu, langit gelap gerhana cahaya bintang terlihat, warna gray, jingga mempesona menghiasi langit Tanjung Kelayang, memang sayang moment itu hanya berlalu 2 menit saja, setelah itu matahari kembali bersinar dan langit di Tanjung Kelayang pun kembali terang. semua pengunjung di Pantai Tanjung Kelayang tertegun melihat phenomena alam dan kejadian dan hanya yang keluar kata-kata “Subhanallah, indah sekali,” ujar para peserta antusias. dan para wisatawan asing mengatakan amazing, wonderful, dan kata-kata pujian lainya dikeluarkan secara spontan. wajah semua yang hadir menyaksikan moment Gerhana Matahari sangat tertegun dan puas walaupun moment hanya dilalui 2 menit saja.

MENPAR-DAN-HUBSetelah mengikuti moment Gerhana Matahari acara dilanjutkan dengan upacara adat selamat datang kepada para tamu undangan, diawali pantun daerah disaksikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang harus bersaut pantun dengan pemuka tokoh daerah dan disaksikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan diantar oleh Gubernur dan Bupati Belitung, kemudian menyaksikan sendra tari Kolosal. Sebelum acara selesai Menteri Perhubungan bersama Bupati Belitung meninggalkan tempat untuk meninjau airport Belitung dan meresmikan airport Hanan Djoedin Tanjung Pandan – Belitung sebagai airport International.

Momen Gerhana Matahari tadinya diperkirakan suasananya akan chaos ternyata semua dapat berjalan dan terlayani dengan baik, semua wisatawan merasa puas, dan ingin datang kembali seperti dikemukakan oleh beberapa wisatawan asing yang ditemui.

TARIAN-KOLOSALSetelah menyaksikan momen Gerhana Matahari seluruh hardirin di Tanjung kelayang disuguhi tarian kolosal dari seorang maestro Laskar Pelangi Andre Herata yaitu Tari Pendulang Timah berkobarasi dengan Eko Pc dan Penari Belitung, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Babel dan Menteri Pariwista Arief Yahya didalam sambutannya Menpar menyampaikan bahwa sekian ratus yang mengajukan untuk mendapatkan KEK tapi dari sekian ratus hanya 10 distinasi yang mendapatkannya diantaranya Belitung, Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata tentu akan mampu membangun pariwisata pulau Belitung dan memberikan sejahtera bagi masyarakat Belitung, Menpar juga menyampaikan Gerhana Matahari ini di Belitung ini luar biasa yang diperkirakan sekitar 50 ribu orang hadir di kawasan wisata Tanjung Kelayang dan ini tentu merupakan suatu pemecehan record pengunjung dalam sejarah, sambutan Menpar yang sekaligus menutup kegiatan Gerhana Matahari dengan diakhiri menandatangani berdirinya Tuguh Distinasi Tanjung Kelayang.

1000 orang peserta terdiri dari siswa, mahasiswa, wartawan hadir dengan mempergunakan kapal Bakamla memantau Gerhana Matahari di laut Belitung yang diprakarsai oleh Menteri Koordinator Maritime kemudian merapat di Tanjung Pandan disambut dan dikawal oleh Sekda Kabupaten Belitung Karyadi menuju pantai Tanjung Kelayang.

Seluruh masyarakat hand in hand bersama pemerintah daerah mensukseskan event Gerhana Matahari ini, dan menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya yang pangling beliau respek dimana seluruh pengelola hotel, restaurant, tours operator, travel agency dan pelaku wisata terus mengoptimalkan persiapan secara bersama-sama menyambut Gerhana Matahari total, semua lini langsung kompak, menjadikan memen phenomena alam langka itu menjadi aktivitas yang bisa menghasilkan ‘devisa’ bagi pelaku usaha pariwisata, dan promosi pariwisata bagi pulau Belitung untuk sekarang dan yang akan datang.

ROHANIWANPhenomena Gerhana Matahari kali ini sungguh luar biasa, selain wisnus dan wisman dari berbagai manca negara, Gerhana Matahari datang juga para tokoh-tokoh orang Belitung kembali ke Belitung untuk menyaksikan momen Gerhana Matahari ini, seperti Yusril Ihza Mahendra, Yusron Ihza Mahendra, Tetlie Gozalie serta Anton, Toni Biliton dan lainnya semua kembali balik kampong terkecuali Ahok tak terlihat keberadaannya di Pulau Belitung.

Momen Gerhana Matahari bukan saja merupakan suatu momen sejarah, tapi merupakan suatu momen dimana pulau Belitung dikunjungi beribu-ribu orang datang dari seluruh mancanegara. dan yang paling luar biasa momen Gerhana Matahari dengan pengunjung yang sangat luar biasa tidak terjadi satu accidence atau terdengar adanya terjadi pencopetan dan krimanal. The wonderful moment solar eclipse in Bilitong Island dihadiri; seniman, budayawan, politikus, rohaniwan, wisnus dan wisman manca negara.

Share with:

FacebookTwitterGoogleTumblrStumbleUponLinkedInPinterestDigg


Categories

About the Author:

Teamwork makes the dream work, but a vision becomes a nightmare when the leader has a big dream and a bad team.

Translate ยป