PT POS INDONESIA MENERBITKAN SERI PRANGKO GERHANA MATAHARI 2016

IMG_20160227_103748

discoverindonesia.or.id – Banyak cara untuk mengharumkan nama bangsa diantaranya adalah melalui Prangko. Gerhana Matahari merupakan peristiwa langka yang terjaddi 350 sekali, kejadian di tahun 2016 hanya terjadi di kawasan Indonesia yang menjadi satu-satunya wilayah di dunia dapat menyaksikan fenomena alam gerhana matahari total, sedangkan wilayah-wilayah lainya hanya akan mengalami gerhana di Samudra Hindia dan Pasifik. Gerhana Matarhari Total akan berlangsung sekitar 1 s/d 3 menit pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang fenomena alam ini dapat disaksikan di Bengkulu Utara, Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palangka Raya, Balik Papan, Poso, Palu, Luwuk, Ternate, Tidore dan Halmahera.

IMG_-SHOWING_PUBLISHLaunching peluncuran dilakukan di Observatorium Bosscha dihadiri Menkominfo Rudiantara dan Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi DEA, Kepala Observatorium Bosscha Dr. Mahasena Putra melakukan penandatanganan Sampul Hari Peringatan Gerhana Matahari di Observatorium Bosscha yang dihadiri oleh masyarakat Filateli Indonesia menyaksikan peluncuran seri prangko yang di terbitkan oleh PT Pos Indonesia.

Untuk memperingati peristiwa Gerhana Matahari total 2016, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika pad tanggal 23 Febuari 2016 telah menerbitkan Prangko seri Gerhana Matahari Total 2016. Prangko seri Gerhana Matahari Total 2016 diterbitkan dalam 3 [ tiga ] keping Prangko dengan gambar latar belakang peristiwa Gerhana Matahari yang dikombinasikan dengan kultur budaya Indonesia, yang dicetak sebanyak 300.000 set dengan harga Rp 9,000 per seri atau Rp 3,000 perkeping yang dirancang oleh seorang designer Agung EBW dan Triyadi Guntur. seiring dengan pernerbitan Prongko seri Gerhana Matahari Total juga diterbitkan Souvernir Sheet dengan jumlah cetak yang sangat terbatas yaitu 9.000 lembar dengan harga Rp. 15,000 per lermbar dan penerbitan sampul peringatan pertama seri Gerhana Matari Hari Total yang di cetak dalam jumlah terbatas sebanyak 3,000 buah dengan harga Rp. 12,000 perbuah yang dirancang oleh Tata Sugiarta.

PUBLISH-PERANGKO_2

Augmented Reality Stamp Indonesia

4D-PLAY-STORESekalipun PT POS Indonesia sering mengangkat dan meluncur prangko dalam berbagai momen sejarah di Indonesia, untuk Gerhana Matahari PT POS Indonesia pun pernah meluncurkannya pada tahun 1983 tanggal 11 Juni yang diabadikan oleh Pemerintah RI dengan penerbitan Prangko seri Gerhana Matahari Total terdiri dari 2 keping Prongko dengan copure Rp, 110 dan Rp. 275. untuk tahun ini PT POS Indonesia membuat sejarah baru dalam perluncuran perangko dan merupakan yang pertama kali melalui pendekatan technology yang selama untuk memiliki prangko harus pergi ke Kantor POS atau ke kios-kios benda POS, tapi kini PT POS Indonesia meluncurkan bentuk penampilan 3D proses Gerhana Matahari Total Augmented Reality Stamp Indonesia dan dapat di down load melalui Play Store.   untuk mendapatkan Prangko Gerhana Matahari ini dengan bentuk Prangko 4D-iD PT POS Indonesia bagi mereka yang mempergunakan hand phone dengan fasilitas android. ini merupakan suatu prestasi luar biasa PT POS Indonesia. Peluncuran Prangko Gerhana Matahari yang prangkonya kini bisa didapat di 4000 kantor pos di Indonesia dan juga melalui play store. Prangko yang diluncurkan ini juga dikirimkan ke 195 negara anggota UPU [ Universal Postal Union ] yang berpusat di Bern, Swiss.

Share with:

FacebookTwitterGoogleTumblrStumbleUponLinkedInPinterestDigg


Categories

About the Author:

Teamwork makes the dream work, but a vision becomes a nightmare when the leader has a big dream and a bad team.

3 Comments

Leave a Reply